SUMBANG SARAN UNTUK SBD (Membangun SBD dari sisi Pendidikan)

Wilayah Sumba Barat Daya (SBD) meruapakan wilayah yang penuh pesona dan kaya potensi, tapi sekaligus penuh dengan persoalan. Sebagai seorang putra Sumba Barat Daya yang kini sedang merantau di pulau seberang tak pernah lupa akan kampung halaman yang sangat dicintai. Kecintaan itu tak akan pernah luntur, namun keinginan untuk mencari sebanyak mungkin pengalaman untuk membangun SBD di kemudian hari menjadi suatu pilihan yang tak bisa ditolak. SBD membutuhkan insan-insan cemerlang yang memiliki pemikiran futuristik demi kemajuan dan kesejahteraan SBD di waktu yang akan datang.

Mencermati perkembangan pembangunan di wilayah SBD, penulis merasa perlu untuk menyampaikan urun rembug untuk pengembangan SBD yang masih bayi ini menjadi sebuah kabupaten yang maju dan mampu setara dengan wilayah-wilayah lainnya di republik ini. Penulis yang kini sedang meniti karir di Jakarta di bidang pendidikan sejak tahun 1997, kalau boleh berpendapat bahwa pengembangan pendidikan di wilayah SBD nampaknya belum optimal. Terutama dalam hal pengembangan sumber daya manusianya, terutama SDM para pendidiknya.

Kalau dicermati bahwa maju mundurnya sebuah wilayah tidak ditentukan oleh seberapa besar masyarakat daerah memiliki harta benda, akan tetapi seberapa banyak manusia-manusia yang memiliki intelektual yang mapan dan kreatif untuk membangun potensi-potensi daerah yang akan didayagunakan untuk pembangunan wilayah itu secara berkesinambungan. Betapapun besarnya subsidi yang diberikan oleh pemerintah, semuanya akan bermuara pada kegagalan kalau pendidikan di kalangan masyarakat tidak dikembangkan secara optimal.

Pendidikan yang berkualitas, tentu menjadi impian setiap orang, akan tetapi apakah upaya untuk mencapai pendidikan yang berkualitas demikian hanya merupakan tugas daripada sekolah? Tentu hal itu tidaklah demikian. Pendidikan yang berkualitas menjadi tanggung jawab dari seluruh komponen masyarakat, terutama para stakeholder pendidikan. Pemerintah lokal selaku external stakeholder perlu membangun komitmen bahwa pembiayaan pendidikan minimal 20% dari APBD menjadi suatu keharusan yang tak bisa dielakan. Apalagi melihat kondisi kualitas pendidikan di wilayah SBD. Komitmen untuk membangun pendidikan harus dimulai terlebih dahulu dari pemerintah. Kemudian dilaksanakan secara operasional oleh sekolah sebagai pelaku dan didukung penuh oleh partisipasi aktif dari seluruh orang tua murid.

Hal lain yang berkaitan dengan peningkatan SDM guru, tentunya bukan suatu hal yang berlebihan kalau pemerintah juga berusaha memfasilitasi program-program pelatihan bagi para tenaga pendidik. Program pelatihan yang nampaknya sangat urgen dilakukan untuk para pendidik, menurut hemat penulis yaitu pelatihan mengenai sistem pembelajaran yang menyenangkan (Fun Learning), di mana para pendidik diharapkan akan mendapatkan pengetahui praktis tentang bagaimana menghadirkan metode pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas. Menyenangkan dalam kaitan ini, bahwa setiap siswa menyukai apa yang dipelajarinya dan mendapatkan pengetahui-baru dalam pembelajaran itu. Hal itu akan sangat mendukung suasana yang memungkinkan para siswa merasa enjoy dengan apa yang mereka pelajari. Dengan demikian kompetensi dasar yang diharapkan dicapai oleh setiap siswa akan dengan mudah terwujud.
Hal lain yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah antara lain, ketersediaan sarana-sarana penunjang pembelajaran bagi pendidik dan siswa, seperti ketersediaan buku-buku referensi yang memadai, perlengkapan perangkat-perangkat pembelajaran standard yang harus dimiliki oleh seorang pendidik. Dan hal lain yang tentunya amat penting untuk diperhatikan yaitu kesejahteraan bagi para pendidik dan tenaga kependidikan yang ada. Untuk menghadirkan excellent service bagi para siswa maka kesejahteraan lahir dan batin bagi para pelaku pendidikan menjadi suatu keharusan. Jangan sampai para pendidik tidak memiliki waktu yang cukup untuk persiapan pengajaran hanya karena harus mencari pekerjaan tambahan untuk mencukupi makan minum sehari-hari.

Selain itu penulis merasa amatlah penting untuk mengadakan suatu pelatihan “Motivation Training” bagi para pendidikan agar para pendidik memiliki motivasi yang kuat untuk berkreasi dan berorientasi pada pencapaian target maksimal. Membangun motivasi dari dalam diri para pendidik agar seluruh kegiatan pembelajaran dikembangkan dengan semangat yang muncul dari dalam jiwa para pendidik. Semangat tidak dibangun dari keterpaksaan atau ketakutan akan tetapi terbangun oleh kesadaran dan tanggung jawab individu untuk menghasilkan prestasi optimal. Dengan demikian keseluruhan proses pembelajaran berjalan secara simultan dan penuh dengan tanggung jawab akan kebersilannya.

Demikian urun rembug penulis berkaitan dengan pengembangan pendidikan di SBD, semoga tulisan memberikan sumbangsih bagi pengembangan pendidikan di wilayah ini. Bravo SBD!!!!

5 Comments (+add yours?)

  1. valvine
    Oct 21, 2007 @ 23:42:58

    Kaka, anda orang Sumba, NTT ya? Bagus juga sich masukannya untuk daerah-daerah terpencil. Lebih banyak lagi dong tulis berita tentang daerah. Itu khan bisa jadi informasi menarik buat kita semua yang bukan dari daerah itu.

    Reply

  2. verykaka
    Oct 22, 2007 @ 07:17:47

    Iya betul sekali Valvine. Saya sebenarnya ingin sekali memberikan masukan-masukan positif bagi daerah terpencil dalam kaitan dengan dunia pendidikan. Semoga kemajuan pendidikan tidak hanya terbatas di pusat-pusat ibukota. Thanks sarannya.

    Reply

  3. algato
    Nov 05, 2008 @ 02:28:34

    mantaf benar broo masukannya…
    semoga bermanfaat bagi pemerintah sbd dalam membangun kabupaten yan baru tumbuh.

    Reply

  4. verykaka
    Nov 09, 2008 @ 01:29:12

    Terima kasih kembali atas kunjungannya. Semoga kita dapat senantiasa memberi sumbang saran buat kabupaten kita yang baru, dan juga kita mendukung Bupati definitif, dr. Kornelius Kodi Mete dan Wakilnya, yang baru saja terpilih dalam PILKADA Langsung pada tanggal 16 Oktober lalu. Semoga SBD semakin maju di bawah nahkoda orang muda yang merakyat ini. Bravo untuk Pasangan KONCO and GBU!

    Reply

  5. Ignasius Yohakim Bumma
    Apr 15, 2009 @ 21:24:09

    saya berharap untuk SBD ytc, maju dan dukung pendidikan yg lebih kreatif salam kenal mahasiswa hukum (malang_jatim)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: