MEMAKNAI PASKAH DAN HARI KARTINI SEBAGAI MOMENTUM UNTUK BERBAGI KASIH

MEMAKNAI PASKAH DAN HARI KARTINI

SEBAGAI MOMENTUM UNTUK BERBAGI KASIH

Selasa, 29 April 2008 bertempat di Aula SMA Tarsisius II Jakarta Barat, seluruh siswa/i merayakan Hari Kartini & Paskah Bersama. Adapun acara tersebut merupakan salah satu program kerja pengurus OSIS SMA Tarsisius II tahun ajaran 2007-2008.

Acara yang dimulai jam 8 pagi tersebut dibuka oleh Kepala SMA Tarsisius II, Bapak Saverinus Kaka. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa perayaan hari Kartini yang dirangkai dengan perayaan Paskah bersama seluruh Civitas Akademika SMA Tarsisius II hendaknya dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperbaharui diri dan bangkit dengan semangat baru. Paskah sebagai perayaan kebangkitan Tuhan Yesus hendaknya memberikan makna mendalam bagi seluruh warga sekolah untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang kurang mendukung pada pencapaian tujuan hidup masing-masing, terutama bagi para siswa untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri dalam belajar, agar pada akhirnya menjadi generasi muda harapan bangsa, sekolah dan orangtua.

Lebih lanjut beliau mangatakan bahwa semangat R.A. Kartini yang berjuang demi emansipasi kaum wanita pada saat itu, hendaknya diterjemahkan dalam konteks kekinian oleh para siswa. Dalam hal ini, Mr. Very, biasa dipanggil oleh para siswanya, menekankan bahwa semangat Emansipasi itu bisa ditransformasikan dalam perilaku dan perbuatan yang senantiasa saling mencintai dan berbagi kasih serta menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan secara universal. Tidak ada lagi dikotomi gender antara pria dan wanita, antara yang pintar dengan yang kurang pintar, antara kaya dengan miskin, antara guru dengan murid, pimpinan dengan bawahan, dan antara egoisme individu dengan semangat kolegalitas. Itu semua merupakan cerminan semangat Paskah dan Kartini ala era globalisasi.

Acara Paskah bersama dan peringatan hari Kartini ini juga dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan antar siswa SMA Tarsisius II. Di antaranya Lomba Koran dinding, Baca Puisi Kartini, Vocal Group, Menghias telor Paskah, dan Kompetisi WebBlog. Masing-masing jenis perlombaan diambil juara I, II dan III. Sedangkan khusus untuk Kompetisi WebBlog yang diikuti oleh sekitar 280 Blogger, dibagi dalam 2 kategori, yaitu Web Blog terfavorit dan WebBlog Terbaik. Untuk kategori WebBlog terfavorit, juara I diraih oleh Kevin Wijaya (XI IPA), Juara II : Trisnasari (XI IPA) dan Juara 3 Julius Kurnia (XI IPA). Sedangkan untuk kategori Terbaik dari segi isi dan desain yaitu juara I Willy Prasetya (XI IPA), juara II Tommy Budiman (XI IPA)
dan Juara III Rinaldo (XI IPS 2). Masing-masing pemenang kompetisi WebBlog ini mendapatkan Tropi, sertifikat dan sejumlah uang tunai. Kompetisi WebBlog yang baru pertama kali diadakan di SMA Tarsisius II ini mendapatkan respon yang sangat positif dan antusias oleh para siswa.

Selain perlombaan acara ini juga diisi dengan berbagai macam hiburan dari seluruh siswa. Tak kalah dengan para muridnya, Bapak dan Ibu guru juga menyumbangkan 3 buah lagu untuk para muridnya. Salah satu lagu yang cukup menyentuh para siswa yaitu lagu Munajat Cinta – The Rock versi guru2 SMA Tarsisius II. Bagian yang paling mengejutkan pada siswa yaitu ketika di bagian Reff lagu tersebut syairnya dirubah menjadi “Tuhan kirimkanlah kami siswa/i yang baik hati.. yang membanggakan kami dan mencintai.” Untaian kata-kata itu mengekspresikan kedekatan antara para guru dengan para siswanya. Langsung saja seluruh siswa menyambut dengan sorak-sorai persembahan dari bapak/ibu guru mereka. Para siswa merasa bahwa cinta kasih dan doa serta pengorbanan seorang guru tak akan pernah berhenti sekalipun dihadapkan dengan berbagai problema siswa dan remaja (Eman).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: