PERMENDIKNAS TENTANG UN 2008 SUDAH DISYAHKAN

Perdebatan dan gonjang-ganjing tentang Ujian Nasional 2008 akhirnya terjawab sudah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2007, tentang Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP/MTs/SMPLB, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA/MA/SMALB) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Pelajaran 2007-2008 yang dikeluarkan pada tanggal 5 November 2007, ditetapkanlah tentang Pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2008.

Berkaitan dengan itu ditetapkan pula Bidang-bidang Studi yang akan diujikan secara nasional (Lihat Pasal 5 Permen tersebut), yaitu;

a. Mata Pelajaran UN untuk SMP, MTs, dan SMPLB meliputi; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam(IPA);

b. Mata Pelajaran UN SMA dan MA:

1. Program IPA; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

2. Program IPS; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Matematika, Sosiologi dan Geografi.

3. Program Bahasa meliputi; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Asing lain yang diambil, Sejarah Budaya (Antropologi), dan Sastra Indonesia.

4. Program Keagamaan meliputi; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadis, dan Tasawuf/Ilmu Kalam.

c. Mata Pelajaran UN SMALB Meliputi ; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

d. Mata Pelajaran UN SMK, meliputi; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Kompetensi Keahlian Kejuruan.

Berdasarkan Permendiknas tersebut ditetapkan pula pada Pasal 15, tentang Kriteria Peserta dinyatakan LULUS jika memenuhi standar kelulusan UN sebagai berikut:

  1. Memiliki nilai rata-rata minimal 5,25 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan tidak ada nilai dibawah 4,25, dan khusus untuk SMK, nilai mata pelajaran Kompetensi Keahlian Kejuruan Minimum 7,00 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN; atau
  2. Memiliki nilai minimal 4,00 pada salah satu mata pelajaran, dan nilai mata pelajaran lainnya minimal 6,00, dan khusus untuk SMK, nilai mata pelajaran Kompetensi Keahlian Kejuruan Minimum 7,00 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.
  3. Pemerintah daerah dan/atau satuan pendidikan dapat menetapkan batas kelulusan di atas nilai sebagaimana pada ayat (1).
About these ads

83 Comments (+add yours?)

  1. Rachmad
    Nov 24, 2007 @ 13:30:36

    Dimana kita dapat mendownload permendiknas No 34 th 2007?

    Reply

  2. rusydan
    Nov 25, 2007 @ 17:35:50

    cuman mau nanya …..
    pertanyaan sama ama Rachmad

    dimana aq dapat mendownload permendiknas no 34 tahun 2007

    makasi sebelumnya

    Reply

  3. rusydan
    Nov 25, 2007 @ 17:46:12

    apakah
    mendiknas no 34 th 2007 itu bisa dirubah

    gimana kalao didemo aja oleh seluruh siswa di indonesia…????
    mungkin ini pertanyaan konyol….yachhhh

    kalao memeng g bisa dirubah
    aq menawarkan beberapa solusi
    1. memberikan solsialisai pada seluruh komponen >guru>karyawan>siswa
    2. memberikan motifasi pada siswa>>>bukannya mala memberi ketakutan yang besar pada siswa>>>>>>”kamu g akan lulus”
    3. >>membenai diri sendiri>>memulai dari diri sendiri>>mulai dari sekarang<<>>>>>>>>>>>>>ok……..

    Reply

  4. rusydan
    Nov 25, 2007 @ 17:47:40

    4. belajar, berjuang dan bertaqwa>>>>>>>ok…..

    Reply

  5. roman
    Nov 26, 2007 @ 06:38:03

    Ya permendiknas lagi, kalau permen saja sih enak, apalagi buat anak-anak. Yang ini ada ekornya …diknas, jadi … akhirnya cuma mengekor. Lha, kalau begitu dunia pendidikan kita akan diarahkan ke mana? Pertanyaan klasik dan barangkali membosankan. Kita juga terjebak dalam kebosanan dan kebuntuan untuk menemukan jalan alternatif lain, kecuali terus mengekor.

    Reply

  6. verykaka
    Nov 26, 2007 @ 06:47:36

    P Rachmad dan P. Rusydan, sorry banget dalam beberapa hari ini saya belum sempat online. Mengenai Permen Diknas No. 34 tahun 2007 memang belum bisa di download di mana-mana. Menurut info dari Korwas saya, Permendiknas tersebut baru akan disosialisasi mulai awal Desember 2007. Kebetulan di Rayon saya, Jakarta Barat sudah disosialisasikan secara terbatas oleh Korwas kemarin tanggal 21 November 2007. Jadi kita sudah dapat salinan Permendiknas tersebut.
    Mengenai “Apa Permendiknas tersebut bisa dirubah”, nampaknya kemungkinannya kecil bahkan nihil, karena sudah ditandatangani oleh Mendiknas. Apalagi semua pengambil kebijakan sudah menyetujui (Pemerintah/Mendiknas dan DPR). Kalau didemopun gak akan mungkin merubah keputusan. Karena biasanya ketika SK sudah keluar, maka akan sulit untuk dibatalkan, kecuali dalam situasi yang benar-benar mendukung.
    Yang bisa kita lakukan di lapangan, yaitu berusaha sedimikian rupa menyiapkan para peserta didik menghadapi UN 2008 tersebut dengan berbagai macam strategi (tentu yang positif) untuk mengantisipasinya. Dan juga kita mencermati Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang dikeluarkan oleh Pemerintah sebagaimana terlampir dalam Permen 34 dimaksud.
    Saya kira itu jalan yang terbaik bagi kita untuk membantu anak didik kita lulus dalam UN 2008 nanti.
    Thanks atas kunjungannya.

    Reply

  7. verykaka
    Nov 26, 2007 @ 06:58:05

    Untuk P Roman,
    Memang saat ini yang terjadi demikian. Seluruh pelaku pendidikan di sekolah sekedar mengekor pada keputusan Permendiknas. Padahal kalau dicermati benar, konsekuensi dari penerapan KTSP sebenarnya memberikan ruang lingkup yang luas bagi sekolah untuk menentukan masa depan anak. Ketuntasan seorang anak didik, sebagaimana diamanatkan dalam KBK 2004 dan KTSP harus dianalisa dari 3 komponen pokok (Kognitif, Psikomotor dan Afektif). Tapi dalam kasus UN yang ditonjolkan hanya Kognitifnya semata. Dua komponen lainnya tidak terjamah. Nah di sinilah terjadinya gap, antara harapan kurikulum dengan realitas di lapangan. Akan tetapi, hal itu tak pernah digubris oleh Pemerintah. Mereka berkeyakinan bahwa apa yang mereka lakukan sudah pada koridor yang benar dan sesuai dengan semangat KTSP.
    Beberapa kali saya mempertanyakan kepada pemerintah (Kasudin), tapi jawabannya, tetap menganggap tidak melanggar aturan main dalam kurikulum.
    Bagi kita di lapangan, yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan peserta didik agar siap untuk mengghadapi UN 2008 dan LULUS.

    Reply

  8. Rachmad
    Nov 27, 2007 @ 03:17:24

    Kalau dapat dikirim Permendiknas No 34 melalui e-mail,tolong dong?Trim’s.

    Reply

  9. verykaka
    Nov 27, 2007 @ 06:50:40

    Kebetulan Permendiknasnya belum saya input ke komputer seluruhnya. Jadi saya belum bisa mengirimkan via e-mail. Dan saat-saat sekarang saya cukup sibuk dengan tugas harian, jadi belum bisa membantu, soalnya isinya cukup banyak. Kalau mungkin hanya satu pelajaran yang diminta, barangkali bisa dibantu. Thanks atas kunjangannya. Mari kita saling membantu sebisa kita. See you!

    Reply

  10. Sawali Tuhusetya
    Nov 27, 2007 @ 16:34:35

    Salam kenal, Pak. Maaf OOT. Banyak info pendidikan yang bisa saya pungut dari sni nih, Pak.Kebetulan saya seorang guru. Makasih, Pak.

    Reply

  11. verykaka
    Nov 27, 2007 @ 23:17:56

    Mat kenal kembali P. Sawali. Semoga melalui Blog ini kita bisa saling bertukar informasi dan saling membantu di antara sesama guru, sebagai tokoh terdepan perihal maju mundur kualitas anak bangsa di seluruh Indonesia. Mari kita senantiasa berbagi info terkini tentang berbagai macam hal, khususnya Pendidikan. See you!

    Reply

  12. Rachmad
    Nov 29, 2007 @ 06:01:35

    Wah, selamat bersibuk-sibuk nih verykaka, ini nanya ,sambil ngajar mata pelajaran apa? Sekarang SKL sudah ada dari kawan SMA yang lain ,tapi belum sempat juga diambil. Kira-kira kumpulan soal dari SMA Bapat dapat kami liat dimana (trim’s kalau ada)

    Reply

  13. verykaka
    Nov 29, 2007 @ 06:52:07

    Saya juga mengajar bahasa Inggris. Syukur kalau sudah dapat dari teman, mudah-mudahan infonya bermanfaat. Mengenai kumpulan soal, saya sedang merapikan bank soal saya, dalam waktu dekat akan dilaunching di web-blog ini. Semoga cepat selesai, dan nantinya dapat membantu teman-teman di seluruh pelosok tanah air. See you.

    Reply

  14. Trackback: Menunggu “Lonceng Kematian” Lewat Ujian Nasional | Sawali's Site
  15. Trackback: Menunggu “Lonceng Kematian” Lewat Ujian Nasional « JALUR LURUS
  16. Ucup Supiandi
    Dec 03, 2007 @ 00:37:17

    Ujian nasional akan berdampak positip terhadap peningkatan hasil belajar siswa, apabila UN tersebut dilaksanakan dengan keikhlasan, kejujuran dan tanggung jawab yang tinggi.
    Untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri para Kepala Sekolah dan guru, pemerintah harus segera melengkapi sarana-prasarana pembelajaran, serta meningkatkan kompetensi guru dengan sungguh-sungguh.
    Betulkan Pak ?

    Reply

  17. verykaka
    Dec 03, 2007 @ 01:24:44

    Thanks P Sawali atas komentarnya.
    Judul tulisan Bapak itu seram sekali (“Menunggu Lonceng Kematian Lewat Ujian Nasional.”). Semua hal yang baik pasti pada akhirnya akan direspons. Mungkin saat ini Pemerintah agaknya memaksakan kehendaknya untuk meningkatkan mutu pendidikan di negeri ini dengan cara yang kasar. Rambu-rambu pengembangan Kurikulum dan semangatnya memang ditinggalkan. Kompetensi siswa yang harusnya dilihat secara komprehensif, nampaknya kurang begitu diperhatikan dalam konteks UN. Tujuan pemerintah sebenarnya ada baiknya, tapi yang menjadi pertanyaan kita semua, “Apakah seluruh perangkat pendukung pembelajaran di negeri ini sudah setara?” Kalau menginginkan standar secara nasional, seharusnya perlu pemikiran secara komprehensif, agar tidak muncul diferensiasi standar dari berbagai aspek yang ada.
    Thanks atas semangatnya. Maju teru pendidikan Indonesia, dunia tidak akan pernah kiamat hanya karena UN. Kalau anda yakin bisa menghadapinya, maka anda pasti bisa.

    Reply

  18. FAIZA
    Dec 03, 2007 @ 03:10:13

    UNTUK VERYKAKA,MINTA TOLONG DIKIRIMKAN PERMENDIKNAS 34 TH 2007 ATO SKL MATA PELAJARAN GEOGRAFI MENURUT PERMENDIKNAS TERSEBUT.TRIMS

    Reply

  19. Theodora
    Dec 03, 2007 @ 08:20:58

    Selamat siang, Pak..

    Saya ingin tanyakan tentang kelulusan UN 2008 nanti.Apakah kelulusannya ditentukan oleh sekolah,atau dari Pusat?
    Jujur,saya agak berat kalau ditentukan dari Pusat.
    Kasian sekali kalau sampai ada anak yang pintar,tapi tidak lulus hanya karena 1 mata pelajaran yang nilainya “jeblok”.
    Dengar2 sih,kelulusan ditentukan dari sekolah.Apa benar,Pak?
    Terima kasih

    Reply

  20. faiq
    Dec 03, 2007 @ 21:24:09

    saya ingin tanya SKL bahasa Inggris untuk MA jurusan MAK. soalnya saya tanya ke sana ke mari repot. belum menemukan
    terima kasih

    Reply

  21. iva wulandari
    Dec 04, 2007 @ 06:59:42

    resah..tapi faktor alpha yaitu derdoa memberi semangat saya…

    biar ngeri juga,,,,tapi…harus berjuang dan harus bisa…

    doakan siswa-siswi sma angkatan 2008 agar lulus semua…

    saya…SMA N 9 Yogyakarta

    Reply

  22. mi2n_Tamboen
    Dec 04, 2007 @ 07:01:29

    KLo ga lulus apa masih ada ujian ulang/susulan???????????

    Reply

  23. mi2n_Tamboen
    Dec 04, 2007 @ 07:04:41

    Doakan saja agar SMK Tamboen lulus smua yach….coz kt2 kan da belajar tiap malam klo ampe ga lulus kacian orang tua donk…..

    Reply

  24. novi
    Dec 04, 2007 @ 10:21:57

    saya hanya ingin tanya?
    apakah kompetensi keahlian kejuruan untuk SMK itu soalnya dibuat oleh daerah atau pusat?
    Doain ya semoga SMK N 1 Wonosari, Gunungkidul LULUS semua. AMIEN
    trimakasih sebelumnya?

    Reply

  25. verykaka
    Dec 04, 2007 @ 23:48:31

    Thanks ya atas kementarnya kalian semua. Sorry dalam beberapa hari ini saya lagi offline, kebetulan sedang banyak sekali kegiatan di sekolah saya. But it,s no problem, I’ll try to response you all.
    Pertama, buat Faiza, nanti SKL Geografi akan segera saya launching di website ini. Mohon bapak menunggu. Trims.

    Reply

  26. verykaka
    Dec 05, 2007 @ 00:21:47

    Thanks Theodora atas pertanyaannya. Mengenai kelulusan ditentukan oleh dua pihak, yaitu sekolah dan pemerintah. Sekolah menentukan kelulusan untuk Ujian sekolah (Catatan: sekolah boleh tidak meluluskan siswa walaupun hasil Ujian Nasional Lulus, artinya kalau memang ujian sekolahnya tidak lulus). Sedangkan pemerintah tetap juga menentukan dari hasil UN, kalau Ujian sekolah LULUS, tapi UN tidak lulus, berarti tetap juga tidak lulus. Intinya tidak sepenuhnya kewenangan sekolah.

    Untuk faiq SKL SMA dengan MA sama. Tapi kalau untuk SMK saya tidak punya kebetulan saya hanya dapat untuk SMA/MA. Tapi biasanya tidak jauh berbeda.

    Untuk Iva Wulandari,
    Semangat dan ketekunan belajar serta doa merupakan kunci kesuksesan kita dalam menghadapi segala sesuatu. Saya juga berdoa semoga seluruh siswa/i di Nusantara ini sukses semua dan makin berkualitas, khususnya SMA N 9 Yogyakarta. Belajar dan belajar secara kontinyu merupakan jawaban atas kegundahan seluruh siswa nusantara.

    Buat Mi2n Tambun,
    mengenai ujian ulang, kelihatannya belum ada kepastian, apakah akan ada atau tidak. Nanti kalau sudah ada kepastian dari Menteri, pasti saya langsung rilis di web ini. Khusus untuk SMK Tambun, keyakinan dan kerja keras akan mengatasi seluruh persoalan mengenai Ujian Nasional. Maju terus dan doa kita semua untuk siswa/i SMK Tambun selalu menyertai kalian.

    Untuk Novi dari SMK N 1 Gunung Kidul,
    Mengenai Standar Kompetensi Keahlian Kejuruan, nampaknya yang membuat itu tetap dari team khusus yang ditunjuk. Mengenai butir-butir soalnya saya kurang tahu persis, karena sekolah saya bukan kejuruan. Nanti saya coba tanyakan ke rekan-rekan yang lain. Doa kami semua untuk sekalian selalu beserta kalian. Bravo SMK N 1 Gunung Kidul.

    Reply

  27. tanya info
    Dec 05, 2007 @ 02:34:03

    wah, saya cari permen itu sampe hari ini belum dapet. kalo,ada mohon untuk dikirim ke email saya. thanks pak. salam kenal

    Reply

  28. nina
    Dec 05, 2007 @ 06:35:03

    tolong kirim e-mail tentang skl 2008 dong,

    Reply

  29. verykaka
    Dec 05, 2007 @ 23:16:07

    Nina, silahkan anda download dari blog ini segala tentang UN 2008. Semoga membantu. Thanks.

    Reply

  30. Wardoyo
    Dec 07, 2007 @ 05:50:33

    makasih pak, semoga berguna bagi kita untuk mempersiapkan anak didik sebaik mungkin. Selain SKL kalu bapak sudah dapat contoh-contoh soal pada tiap-tiap SKL sudilah kiranya bp. menampilkan pada blog ini. selamat bekerja dan sukses selalu.

    Reply

  31. supriadi
    Dec 07, 2007 @ 07:01:42

    saya kebetulan guru fisika, asyik juga sih kalo akhirnya fisika di UN kan, biar anak2 ga lagi mandang fisika sebelah mata gitu lho….!

    Reply

  32. verykaka
    Dec 07, 2007 @ 07:12:12

    Terima kasih kembali buat P Wardoyo. Semoga semuanya bisa membantu. Saran bapak tentang contoh-contoh soal sesuai SKL, nanti akan saya release di blog ini. Silahkan bapak selalu memantau lewat blog ini. Thanks.

    Reply

  33. verykaka
    Dec 07, 2007 @ 07:17:07

    Buat P Supriadi, semoga sukses. Ini memang tantangan buat anak, juga para gurunya. Keberhasilan anak dalam ujian juga merupakan cerminan dari hasil pembelajaran yang kita lakukan di dalam kelas. Maju terus pendidikan anak-anak Indonesia. Mudah-mudahan ke depan, peran sekolah dalam menentukan kelulusan seorang anak benar-benar independent dan tanpa campur tangan pihak luar termasuk pemerintah, agar kesuksesan seorang anak bisa dilihat secara komprehensif.

    Reply

  34. yarsi
    Dec 07, 2007 @ 13:59:17

    Buat Bapak Wardoyo Yth, Mohon dikirim tentang SKL UN untuk SMP Tahun Pelajaran 2007-2008
    ke e-mail saya rafayarsi@yahoo.com
    Terimakasih

    Reply

  35. ricko
    Dec 08, 2007 @ 12:25:56

    bagaimana dengan soal untuk kelas IPS yang sejak ujian tahun lalu tidak ada tiga mata pelajaran seperti geografi, sosiologi, dan matematika? lalu kenapa sejarah atau antropologi dan pelajaran lainnya tidak diujikan apakah itu suatu pengintimidasian dalam suatu ujian nasional terhadap mata pelajaran ini

    Reply

  36. Etha
    Dec 09, 2007 @ 02:27:50

    dimana aq bisa dapatkan standar kompetensi lulusan (SKL) mata pelajaran MATEMATIKA buat program IPS dan Bahasa?

    Reply

  37. verykaka
    Dec 09, 2007 @ 23:48:04

    Buat Ricko, mengenai soal-soal untuk 3 matpel yang baru tahun ini di UN kan, materinya mengacu pada SKL yang sudah ada (Anda bisa mendownload dari blog ini pada topik Salinan SKL, dst.) Soal adanya intimidasi atau tidak, penulis juga tidak bisa menjawab, karena hal itu ditetapkan oleh Mendiknas dan BSNP. Kelihatannya mata pelajaran matematika mau dipacu oleh pemerintah agar benar-benar diminati anak (walaupun terpaksa karena di-UN-kan) karena hal itu (Matematika) sungguh dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari anak nantinya dan juga untuk meningkatkan kualitas kompetensi analisis dan sistematika berpikir anak.

    Buat Etha, silahkan anda mendownload di blog ini pada topik salinan SKL, dst. Thanks atas kunjungannya.

    Reply

  38. said arinal
    Dec 14, 2007 @ 12:56:51

    terima kasih atas informasinya.Jika ujian di standarnasionalkan.kapan prasarana sekolah dinasinalkan ?

    Reply

  39. verykaka
    Dec 15, 2007 @ 06:05:28

    Itu dia masalahnya. Permendiknas tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana sudah disyahkan sejak Juni 2007, Namun realisasi secara nasional masih menjadi sebuah teka-teki. Mudah-mudahan bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat. Thanks atas kunjungannya. Mudah-mudahan kunjungan anda ke blog saya dapat bermanfaat.

    Reply

  40. Trackback: Tuhusetya’s Site » Blog Archive » Menunggu “Lonceng Kematian” Lewat Ujian Nasional
  41. anton
    Dec 18, 2007 @ 10:14:17

    Apakah pemerintah tidak memikirkan akibat dari keputusan yang telah ditetapkan bahwa UN Tanun 2008 6 pelajaran dengan rata-rata kelulusan yang begitu tinggi.Kita ingin memajukan mutu pendidikan haruslah dengan persiapan yang matang tidak mendadak.Kalau banyak siswa yang tidak lulus,maka banyak pula yang putus melanjutkan pendidikan akibatnya timbul banyak penganguran dan semakin meningkat tingkat kemiskinan.

    Reply

  42. verykaka
    Dec 19, 2007 @ 03:30:07

    Untuk sementara pemerintah masih tetap pada keputusannya untuk menyelenggarakan UN. Kita berharap bahwa pihak pemerintah mau mendengar keluhan dari lapangan bahwa UN memiliki dampak yang ternyata tidak menjadikan kualitas pendidikan kita menjadi lebih baik, apalagi kalau ada sinyalir dari beberapa kalangan akan adanya kecurangan di mana-mana. Mudah-mudahan para pakar pendidikan mau mendengar dan mau merubah keputusannya, terutama pemerintah. Thanks atas kunjungannya.

    Reply

  43. ujang m
    Dec 22, 2007 @ 08:25:36

    pa menteri 3perajaran susah apalagi 6

    Reply

  44. ujang m
    Dec 22, 2007 @ 08:33:29

    anda mau merusak generasi indonesia dengan menambah ujian nasional jangan teralu banyak dan nilal rata 2 tinggi dan pertimbangkan lokasi sekolah janggan disamakan sekolah paporit sama yg masih terbelakang dan .perbaiki pasilitas sekolah dan jaminan guru/honorel orang cimahi

    Reply

  45. Fatimasang Abu Massi
    Dec 29, 2007 @ 04:57:48

    Kepada
    Yth.Bapak Wardoyo
    Pak???sungguh luar biasa jika sekiranya kami bisa dikirimkan lewat email kami yaitu skl mapel biologi persiapan ujian nasional tahun pelajaran 2007/2008 jenjang SMA. juga kami sangat menjungjung tinggi jika kesempatan melihat contoh-contoh atau prediksi soal ujian nasional tersebut.
    Pa?apakah benar pemerintah akan mencairkan dana tunjangan profesi pada tahun 2008 nanti dan benarkah akan disalurkan pada yang sudah lulus sertifikasi melalui rekeningnya atau terikat pada gaji pokok yang selama ini diterima dari bendahara?kalau benar kira-kira bulan berapa ya pa???
    Kami mohon beribu maaf jika ada kalimat yang tidak berkenan di hati bapak.terima kasih sebelumnya
    kami
    dari desa yang benar-benar ingin mencerdaskan anak-anak bangsa walau sarana infrastruktur yang tidak lengkap

    Reply

  46. Micko Poetra
    Jan 03, 2008 @ 03:38:57

    saya setuju ajah uan jadi 6 mapel, tapi yang di sayangkan itu waktu pelaksanaannya. masa 2 mapel di ujikan dalam satu hari.
    itu kan membuat kami tertekan. ya toh pak!!!!!!!!!!!!!

    Reply

  47. verykaka
    Jan 06, 2008 @ 23:39:44

    Sorry bagi para blogsters, saya baru bisa online lagi. Maklum baru habis liburan akhir tahun. Teman-teman di se antero negeri ini, terutama bagi para pendidik dan para siswa, memang terasa berat bagi siswa dan sekolah untuk menghadapi ujian nasional yang akan mengujikan 6 mata pelajaran secara nasional. Apalagi dalam sehari diujikan 2 mata pelajaran sekaligus. Ini bukan lagi pilihan, karena sudah diundangkan. Tinggal sekarang kita berusaha semaksimal mungkin, tentu tak lupa berdoa kepada yang Maha Kuasa, agar kita semua mampu mempersiapkan diri secara maksimal menghadapi UN tersebut. Mudah-mudahan para pengambil kebijakan diberi jalan dan petunjuk agar mencari jalan dan kebijakan yang terbaik untuk memajukan mutu pendidikan di tanah air tanpa harus melalui UN yang senantiasa terkesan kontroversial.

    Reply

  48. dika
    Jan 08, 2008 @ 13:29:39

    yaaaaaaaaaahhhhhhhhhh,,,,,
    gemana yach, saya g’ bisa bayangin gemana caranya bisa lulus, sedangkan 3 mata pelajaran dgn nilai 4,25 ja udah banyak yang g lulus. lha ini di tambah jadi 6 apa g tampah pengngguran di indonesia ini,,,,
    saya punya usul untuk permen

    Reply

  49. dika
    Jan 08, 2008 @ 13:36:52

    waduh,,,
    gemana yach caranya supaya bisa luluszzz dgan 6 mata pelajaran,,, sedangkan 3 mata pelajarn saja sudah banyak yang jd pengngguran,,, gemana kalo 6, saya sbg pelajar bener2 g sa ngbayangin gemana jadinya bangsa indonesia k depan….
    saya punya usal buat Diknas… skarang 6 mata pelajaran yang di UN khan dgn nili rata” 5,25 saya yakin tidak akan bnyak yang lulus, jdi boleh 6 mata pelajarn tapi nilai standar sama rata” di turunin dunkkkkkkkkk
    kita liat tahun” sebelumnya 3 mata pelajaran aja udah ngos-ngosan pa lagi 6 bisa pecah deh otak nieh mikirin and nurutin pa maunya pejabat, jd… indonesia pasti tambah ancur deh kalo kaya gini

    Reply

  50. dika
    Jan 08, 2008 @ 13:40:55

    gemana cranya sya bisa mendapatkan soal-soal UN tahun-tahun seblumnya. tolong kasi situsnya and di jawb ok….

    Reply

  51. verykaka
    Jan 09, 2008 @ 02:50:02

    Buat Dika, Thanks ya atas kunjungannya ke web ini. Saat ini nampaknya gak ada cara lain, selain seluruh siswa kelas XII belajar yang giat, membuat planning yang sistematis agar bisa siap menghadapi UN 2008. Karena UN 2008 pasti akan berjalan dan syaratnya ya seperti itu. Tinggal sekarang Dika download SKL yang akan diujikan dan mempersiapkan UN tsb bersama guru-gurunya. Saatnya seluruh siswa dan guru bekerjasama untuk saling membantu dan meneguhkan agar bisa melewati UN yang cukup berat. Mengenai bank soal tahun-tahun sebelumnya bisa di cari lewat Google. Di blog ini dalam beberapa waktu ke depan akan dirilis juga. Untuk itu, jangan ketinggalan untuk memantau perkembangan UN lewat web ini. Selamat berjuang dan sukses untuk kalian semua.

    Reply

  52. dika
    Jan 13, 2008 @ 07:07:37

    maaf sebelumnya….
    kpd mas verykaka, dika minta tolong kasi taulah situs mengenai bank-bank soal, cosz entu sangat membantu kami untuk membahas soal2 yang belum kami dapet dari para guru2, jadi mas, tolong help me…..
    thanks yach….

    Reply

  53. verykaka
    Jan 14, 2008 @ 08:41:36

    Sabar ya deck, nanti saya infokan melalui web ini. Sekarang saya masih dalam proses documenting. Nanti pasti saya rilis di sini. Thanks atas kesabarannya.

    Reply

  54. ELLA
    Jan 16, 2008 @ 06:09:49

    tolong dikirimi bank soal kalo ingin tahu POS UN2008 bagaimana

    Reply

  55. dika
    Jan 16, 2008 @ 12:17:55

    mas, kapan nieh ujian nasional di laksanakan apakah serentak, mas saya jga minta tolong, gemana caranya nyari prediksi UN yang akan mumcul, baik MA,SMA,atau SMK

    Reply

  56. verykaka
    Jan 16, 2008 @ 23:36:42

    Buat Ella dan Dika, mengenai waktu pelaksanaan UN 2008, untuk SMA dari tanggal 22 s.d. 24 April 2008, sedangkan SMP dari tanggal 5 s.d. 8 Mei 2008. Kalau mau cari info selengkapnya tentang SKL dan POS UN 2008 silahkan download dari web ini. Mengenai bank soal, dalam waktu dekat akan segera dirilis di website ini.

    Reply

  57. ranap ganda simamora
    Jan 25, 2008 @ 14:20:25

    pak apakah benar soal ujian nasional untuk tahun 2007/2008 akan berbeda soalnya? tolong di jawab ya pak
    karna saya dengar banyak orang bilang seperti itu

    Reply

  58. Narjo
    Jan 26, 2008 @ 01:56:56

    kapan permen diknas un 2008 dapat di download.

    Reply

  59. verykaka
    Jan 27, 2008 @ 23:45:57

    Buat Ranap Ganda Simamora, mengenai bentuk soal yang akan diujikan sepertinya sama aja dengan tahun sebelumnya. Yang penting anda mencermati SKL yang dikeluarkan oleh Diknas (bisa didownload dari Website ini dalam topik Hot news Salinan Permendiknas, dst….). Tak perlu kuatir tentang formulasi soal, yang jelas cermati SKL lalu prediksikan bentuk soal yang bakal keluar dengan patokan SKL dimaksud. Materi Ujian merupakan irisan antara materi pada kurikulum 94, KBK 2004 dan KTSP).
    Buat Narjo, anda bisa mendownload Permen Diknas tentang UN 2008 di website ini pada berita HOT NEWS Salinan Permen Diknas ……..semoga membantu anda dan seluruh pendidik di seluruh nusantara.

    Reply

  60. RIDWANSYAH
    Feb 16, 2008 @ 02:30:04

    MENURUT SAYA PEMERINTAH TIDAK ADIL TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN SKARANG,KARENA TAHUN SEKARANG MERUPKAN TAHUN PEMBELAJARAN YANG DI BUAT PERCOBAAN OLEH PEMERINTAH,UAN DGAN 6 PLJARAN MEMBUAT SMUA NAX KLZ 3 DOWN,STRESS DLL.
    AYA HARAP PEMERINTAH BSA MENGASIH SDIKIT PREDIKSI TENTANG PLJRAN2 YANG BLUM DI UAN KAN
    SBELUMYA SAYA U

    Reply

  61. ibbie
    Feb 16, 2008 @ 08:14:53

    saya mohon dengan sangat apakah mata pelajaran untuk 2008 jangan terlalu banyak?mata pelajaran kok malah jadi 6 kan malah menjadi menyusah kan para pelajar sekarang ini

    Reply

  62. verykaka
    Feb 19, 2008 @ 00:08:30

    Buat Ibbie, jumlah mata pelajaran yang diujikan (6 bid. studi) sudah final. Tinggal sekarang para siswa mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan selalu berkonsultasi dengan guru mata pelajaran.

    Reply

  63. verykaka
    Feb 19, 2008 @ 00:12:31

    Buat Ridwansah,
    Prediksi dan analisa serta bedah SKL UN 2008 untuk semua mata pelajaran sudah dilakukan di Rayon-rayon. Jadi sebaiknya coba ditanyakan saja pada para guru pengampu mata pelajaran. Mengenai SKLnya bisa didwonload dari web ini. Trims.

    Reply

  64. fauzi darwis
    Feb 20, 2008 @ 11:34:45

    pak. bila aku dapat mendownload permendiknas no 34

    Reply

  65. verykaka
    Feb 21, 2008 @ 00:22:23

    Silahkan download di web ini pada topik HOT NEWS TENTANG SALINAN PERMENDIKNAS………. Thanks

    Reply

  66. natacha
    Apr 03, 2008 @ 06:20:39

    kenapa pemerintah di tahon ini tidak adil bagi kami yang akan lulus sma sekarang di waktu smp bukan ya pemerintah tidak mewajibkan siswa lulus 100% knyataanya memang tidak lulus.dan tahun sekarang kami yang akan un standar kelulusan bagi pemerintah begitu tinggi dan un dengan 6 mata pelajaran dengan standar yang mencekam pikiran kami 5,25.apakami mampu untuk mencapainya seandainya kami tidak mampu mencapai target apa pemerintah sudah memikirkannya MATANG2 INGAT PERINTAHKU TERCINTA JIKA ESOK BANYAK SISWA YG TDK LULUS MAKA DIA AKAN KECEWA RASA KECEWA YA DI HEMPASKAN DENGAN CARA MENGHAKRI KEHIDUPAN.APA PEMERINTAH TEGA MELIHAT PENERUS BANGSA KITA MENINGGAL HANYA MALU KARNA PEMIKIRANMU PEMERINTAHKU .SESUNGGUH YA ENGKAU TIDAK MELIHAT KEBELAKANG….MOHON MAAF ATAS KATA YG TERUCAP DARI MULUT KAMI KARNA HANYA ITU YG ADA DI BENAK KAMI

    Reply

  67. verykaka
    Apr 03, 2008 @ 07:48:38

    Natacha, semua anak bangsa yang akan menghadapi UN 2008 ini memang dibuat stress, bahkan tekanan psikologis yang amat besar. Tapi suka atau tidak suka, dan siap atau tidak siap, UN 2008 ini pasti akan berjalan. Untuk itu saran saya, waktu yang tersisa ini sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menyiapkan diri kalian. Kunci kesuksesan pada akhirnya ada di tangan kalian. Persiapan kalian yang kurang maksimal hanya akan menjadi batu sandungan. Untuk itu, hidarilah segala aktivitas yang tidak ada kaitannya dengan pelajaran, dan yakinkan diri kalian bahwa semua ini pasti bisa dilewati dengan sukses. Kalau keyakinan itu muncul dari dalam diri kita, maka kesuksesan pasti akan berada dalam genggaman kalian. semua bisa karena kita yakin bahwa kita bisa. Jangan lupa berdoa kepada Yang Kuasa agar diberikan bimbingan dan terang dalam mengerjakan semua soal Ujian. Selamat berjuang dan sukses untuk kalian semua. Bravo siswa/i Indonesia!

    Reply

  68. Theodora
    Apr 11, 2008 @ 06:20:05

    Pak,apakah nasib seorang siswa berada dalam genggaman komputer saja?Apakah tidak ada keringanan tersendiri bagi pemerintah?
    Pak,apakah pemerintah pernah berpikir bahwa setiap siswa tidak mungkin menguasai betul ke-6 mata pelajaran yang akan diUNkan?Nah,bagaimana dengan hal tersebut?

    Reply

  69. verykaka
    Apr 11, 2008 @ 07:54:27

    Thanks Theodora for your visit. I absolutely understand what all the students in the whole country are thinking of. Anyway, the students should prepare for this UN 2008. Memang, idealnya menurut konsep pendidikan yang benar dan universal, seharusnya penentu akhir atas berhasil atau tidaknya dan lulus atau tidaknya seorang siswa dari sebuah jenjang pendidikan ditentukan oleh guru yang telah membimbing mereka melalui proses panjang yang telah dilalui. Dan bukan sebaliknya oleh suatu jenis ujian seketika, yang tanpa memperdulikan proses yang telah berlangsung selama dibimbing oleh para pendidik. Tapi itu realitas pendidikan nasional kita, suka atau tidak suka, harus dilalui karena telah merupakan keputusan politis yang notabene mengabaikan norma-norma proses pendidikan secara komprehensif. Idealnya, yang penentu akhir dari sebuah proses pendidikan adalah guru atau sekolah itu sendiri, bukan pihak lain yang tidak pernah melakukan proses pendampingan secara kontinyu. Inilah tragedi pendidikan yang nampaknya kurang memberikan dampak positif pada kemajuan pendidikan secara komprehensif. Makanya tidak heran, budaya instant merambah di mana-mana. Inilah yang namanya tradegi pendidikan nasional. Anak tidak lagi belajar untuk sebuah pengetahuan, akan tetapi belajar untuk sebuah ujian. Yang ujung-ujungnya hanya berorientasi pada pencapaian nilai. Semoga hal ini menjadi bahan refleksi bagi kita semua.

    Reply

  70. sandra Wijaya
    Apr 13, 2008 @ 15:08:41

    Hy2 Alll….Gw dah mau UAN Neh doain biar gw bisa lulus dgan nilai 9> y haha… tapi sush jug neh pemerintah ny kelalu agresif masak mta plajaran Uan balik lg jadi 6 Plajaran bisa rontoookkk rambut gw T_T

    Reply

  71. sandra wijaya
    Apr 13, 2008 @ 15:13:09

    ugh……oh yach gw anak Kalam Kudus kelas 3 Jursan Ips ,,,, Gw pening neh ama pemrintah , 3 mata plajaran aj bsa buat 4 kabupaten…Gimana 6 mata plajran 8 kabupaten mau gak lulus??? apalgi dah gak ad paket A B C D , yg ad paket Pak Eko ^^ hehe…. stres neh………….. jadi klinci percobaan pemerintah…. yang pengen join temen am gw neh no hp gw:08994236034

    Reply

  72. LukasLee
    Apr 13, 2008 @ 15:17:30

    iy neh … sya mendukung ap yg di katkan oleh sandra wijaya, mnurut saya pmerintah kita hany menjadikan kita sbagai klinci percobaan yg habis pakai langsung di tendang alias gak Lulus T_T….Pemerintah saya harap dapat bercermin , ap KAH BAPAK SEKOLAH DULU GAK STRES KLO KEK GINI?????

    Reply

  73. verykaka
    Apr 13, 2008 @ 23:44:55

    Thanks ya, Buat Sandra dan Lukas Lee atas kunjungannya dan uneg-unegnya. Pola pikir tentang cara meningkatkan kualitas pendidikan kita memang baru pada taraf ini. Penerapan konsep dasar pendidikan modern (yang mengutamakan proses) dan Penilaian proses pendidikan seutuhnya belum menjadi concern semua pihak. Mudah-mudahan semua ini bisa berjalan baik dan kalian semua bisa lulus 100%. Yang saat ini sangat perlu dimiliki adalah keyakinan bahwa kita bisa berhasil dan bahkan bisa melampui target yang diterapkan pemerintah. Karena kunci kesuksesan itu ada di tangan kita masing-masing. Untuk itu maju terus dan persiapkan diri semaksimal mungkin. BRAVO UNTUK PELAJAR INDONESIA.

    Reply

  74. dewi purnama sari
    Apr 20, 2008 @ 06:39:30

    tolong kirimkan saya soal un2008 smp ke website saya

    Reply

  75. marco
    Apr 23, 2008 @ 01:52:28

    dimana kita dapat mendownload permendiknas

    Reply

  76. verykaka
    Apr 23, 2008 @ 03:49:39

    Buat Marco, silahkan anda download Permendiknas di blog ini pada topik Hot News Mengenai Permendiknas……(arsip bulan desember 2007). Selamat bekerja.

    Reply

  77. sugawa
    Oct 16, 2008 @ 13:33:44

    pak dimana saya bisa dounload permendiknas no 37 th 2007,,?dan bisa kirimkan soal-soal un SMA 2008 gak Ke e-mail saya ???????

    Reply

  78. Jowy
    Dec 23, 2008 @ 23:12:22

    Pak, bagaimana cara saya untuk melihat SKL UASBN pada website iniiii???

    Reply

  79. tang rivolsa
    Jan 17, 2009 @ 05:49:24

    un hendaknya di jalanjan secara murni fan perlu jadwal sgr di distribusikan ke sekolah sub rayon

    Reply

  80. Dikin
    Jan 19, 2009 @ 14:23:36

    Mohon bantuannya, jenis-jenis dan rincian jam tambahan guru agar tercapai minimal 24 jam tatap muka. Karena saya kesulitan menghitungnya, misalnya sebagai pembina Pramuka= … jam, Bimbingan Konseling = … Jam dll. Penting …..
    Terima kasih atas jawabannya.

    Reply

  81. susanto
    Feb 03, 2009 @ 01:14:57

    apakah standar kelulusan itu berlaku untuk daerah-daerah yang minus atau pedalaman yang pendidikannya kurang maju, apakah itu tidak akan menjadi bumerang bagi dunia pendidikan kita kedepannya

    Reply

  82. tangrivolsa
    Oct 02, 2009 @ 05:39:57

    memdidik anak bangsa bos san \\

    Reply

  83. data sync cable charger
    Nov 17, 2014 @ 16:13:40

    It’s going to be end of mine day, however before finish I am reading this
    great paragraph to improve my experience.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: